Artikel terbaru tentang tutorial bisnis online

Phising: Bahaya Lain Berinternet

Dulu pernah ada kasus dimana ada yang mencoba membuat situs BCA tiruan dengan menggunakan alamat situs yang terkesan milik BCA namun aspal. Situs aspal itu tentu tampilannya tak jauh beda dengan situs BCA asli, namun bedanya ternyata situs ini mampu menyimpan data login dan password dari orang-orang yang tidak sengaja nyasar ke situs itu. Dan benar saja, dalam sehari situs gadungan itu telah menyimpan ratusan data dari para nasabah BCA. Meski hanya bersifat percobaan, namun ternyata dampaknya cukup luar biasa. Akhirnya pihak BCA memperbaiki kembali sistem keamanannya dengan KeyBCA dan menutup sejumlah situs-situs yang berpotensi menjadi web phising.

Phising? Ya, phising saat ini menjadi salah satu momok yang paling ditakuti di dunia maya, menyamai keganasan malware maupun virus komputer. Secara umum phising adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit Anda secara tidak sah. Informasi ini kemudian akan dimanfaatkan oleh pihak penipu untuk mengakses rekening, melakukan penipuan kartu kredit atau memandu nasabah untuk melakukan transfer ke rekening tertentu dengan iming-iming hadiah. Sedangkan web phising memanfaatkan teknologi informasi internet untuk memperoleh data penting.

Aksi phising akhir-akhir ini semakin marak terjadi. Tercatat secara global, jumlah penipuan bermodus phising selama Januari 2005 melonjak 42% dari bulan sebelumnya. Anti-Phishing Working Group (APWG) dalam laporan bulanannya, mencatat ada 12.845 e-mail baru dan unik serta 2.560 situs palsu yang digunakan sebagai sarana phishing. Secara kualitas serangan pun juga mengalami kenaikan. Artinya, situs-situs palsu itu ditempatkan pada server yang tidak menggunakan protokol standar sehingga terhindar dari pendeteksian.

Teknik umum yang sering digunakan oleh penipu adalah sebagai berikut:
Penggunaan alamat e-mail palsu dan grafik untuk menyesatkan pengguna internet sehingga pengguna internet terpancing menerima keabsahan e-mail atau website. Agar tampak meyakinkan, pelaku juga seringkali memanfaatkan logo atau merk dagang milik lembaga resmi, seperti; bank atau penerbit kartu kredit. Pemalsuan ini dilakukan untuk memancing korban menyerahkan data pribadi, seperti; password, PIN dan nomor kartu kredit
Membuat situs palsu yang sama persis dengan situs resmi, atau pelaku phishing mengirimkan e-mail yang berisikan link ke situs palsu tersebut.
Membuat hyperlink ke website palsu atau menyediakan form isian yang ditempelkan pada e-mail yang dikirim.

Aksi phising ini tidak hanya menipu para pemilik rekening aja, tapi juga sudah pada taraf 'mengobok-obok' account e-mail gratis semacam Yahoo! dan Friendster. Dan caranya pun cukup sederhana, cukup membuat halaman situs palsu dan mengubah login dengan kode-kode tertentu di kode html yang mampu menyimpan data yang baru saja ditulis.

Antisipasi dari bahaya phising sebenarnya sudah diterapkan oleh situs-situs yang bersangkutan, baik menggunakan teknik KeyBCA maupun dengan menggunakan prevent password theft yang dilakukan oleh Yahoo!. Bahkan Firefox dan IE telah memiliki fasilitas anti phising. Namun, antisipasi dari diri pun patut kita persiapkan. Caranya adalah selalu melihat dan memperhatikan alamat situs. Apabila alamat situs yang kita masukkan sudah sesuai, maka tidak ada yang perlu ditakutkan. Namun apabila alamat situs tersebut tidak sesuai, bahkan terkesan mengada-ada (contoh: http://gutyi.blogs.friendster.com/), maka patut dicurigai bahwa ini adalah phising.

Selain itu berhati-hatilah apabila jika suatu ketika kita dimintai kembali untuk melakukan login, karena bisa jadi itu merupakan trik dari phising agar bisa mendapatkan data pribadi kita. Selain itu jangan pernah mengisi aplikasi pembayaran dari situs yang tidak dikenal, meskipun tampilan yang muncul adalah situs aplikasi pembayaran yang kita kenal. Kayaknya memang enak mengail ikan di air keruh...

Sumber: http://hukumonline.com/

2 komentar:

JoVie mengatakan...

Ya AMpyuuunnNN..Bhaya banget yah phising gitu..

tapi keren juga sih..kan jadi pada kreatif..hihikz..

kabuurrr**

doni rungkawa mengatakan...

obat ampuh mengatasi sifilis

obat ampuh penyakit sipilis

obat ampuh sakit sipilis

obat ampuh untuk sipilis

Posting Komentar