Artikel terbaru tentang tutorial bisnis online

Seputar Suspend Web Hosting


Emm.. saya tidak tahu harus mulai dari mana, tapi yang jelas dalam postingan ini mencoba untuk menjelaskan dari apa yang telah saya baca dari berbagai sumber dari internet tentang mengapa suspend server hosting. Ini saya mencoba karena saya harus mencari sesuatu yang dapat mencerahkan saya ketika blog saya kena suspend dari server.

OK, kita mulai dari pengertian terlebih dahulu. Menurut kamus online yang saya buka, kata suspend mempunyai arti menangguhkan. kemudian apa artinya jika "suspend dari server atau hosting?", ya kita bisa mengartikan, bahwa server atau hosting menghentikan sementara pelayanan terhadap clientnya karena sebab musabab tertentu.

Kemudian apa yang menjadikan kita (blog/web) kena suspend?, ya cukup banyak hal yang bisa menyebabkan terkena suspend, diantaranya :
  • Belum Lunas admnistrasi pembayaran.
  • menggunakan lebih dari 40% resource server.
  • Ada sesuatu script (plugin) yang membuat kinerja server jadi berat atau crash.
  • Dan lain-lain....
lalu bagaimana mengatasi blog/web yang telah terkena suspend, yang sudah seperti mayat hidup, tidak mati-tidak hidup. Yup, langsung saja hubungi tim technical suportnya. Biasanya tim reseller yang profesional, akan selalu dapat dihubungi selama 24 jam, baik lewat chat, SMS, ataupun telpon. Segera bayar bila administrasi belum lunas he..he.. bila mengalami kesulitan dalam sesuatu jangan sungkan-sungkan untuk meminta bantuan technical suportnya.

Jadi tips bagi sobat blogger khususnya yang akan mencari sebuah web server, telitilah dengan cermat, spesifikasinya, tempat server berada, fasilitasnya, harganya, dukungan technical suportnya. dan yang paling top adalah konsultasi dengan seseorang blogger yang sudah lama kita kunjungi dan tidak pernah down servernya. Kita bisa konsultasi tentang seluk beluk tempat blognya bernaung (karena hidup matinya blog tergantung server). Konsultasi yang sopan, usahakan bukan pada jam kerja.

Kemudian, setelah saya kemarin mencoba googling, ternyata ada juga sebuah web yang khusus memberikan layanan untuk mengetahui keberadaan suatu web hosting. Layanan itu ber alamat di http://www.checkipaddress.org/. Dengan layanan website tersebut kita hanya tinggal memasukan alamat situs penjual hosting,di form "Lookup This IP", kemudian Enter. Secara otomatis kita akan di beri tahu segala tentang servernya, misal tempat, IP, ISP yang digunakan dan lai sebagainya.

Selain website diatas yang memberikan layanan yang telah saya terangkan, ada juga website yang memberikan layanan untuk mengetahui domain yang menggunakan satu hostingan dengan kita. Yaitu YouGetSignal. situs ini memberi layanan salah satunya yaitu mengetahui domain yang satu server atau hosting. ini perlu kita perhitungkan juga, karena bila semakin banyak domain dalam server (1000+), maka juga ikut mempengaruhi kerja server, semakin banyak domain yang ditampung, semakin besar pula resiko untuk crash serta down.

Kemudian satu lagi, yaitu pesan-pesan ketika kita tidak bisa mengakses suatu web/blog beserta isinya :
  • 400 – Bad Request : Pesan error seperti ini biasanya muncul ketika server dari situs yang Anda akses tidak memahami perintah yang diberikan oleh client. Hal ini umumnya disebabkan adanya kesalahan atau cacat script/programming pada server.
  • 401 – Unauthorized : Ada halaman web tertentu yang hanya boleh diakses oleh orang-orang tertentu. Untuk mengaksesnya, diperlukan username dan password khusus. Nah, pesan error 401 – Unauthorized ini muncul karena Anda tidak memiliki hak untuk mengakses halaman tersebut.
  • 403 – Forbidden : Pesan error ini biasanya muncul jika halaman web tersebut memang tidak bisa diakses oleh siapapun (karena memang diatur demikian dari servernya).
  • 404 – Not Found : ada beberapa kemungkinan antara lain, halaman yang dicari tidak ada, koneksi tidak memadai, salah mengetikan URL.
  • 408 Request Timeout : Kadang-kadang proses mengakses situs tertentu sangat lambat. Nah, biasanya setiap server memiliki rentang waktu tertentu sebagai batas toleransi bagi client untuk menyelesaikan proses mengakses server. “Request time out” terjadi jika kelambatan dalam mengakses situs tersebut sudah melebihi batas toleransi-waktu ini.
  • 500 – Internal Server Error : Pesan error ini biasanya terjadi ketika server dari situs yang Anda akses memang sedang mengalami masalah.
Semoga dengan semakin banyak pengetahuan kita tentang internet, khususnya bidang web master dan blogging ini bisa lebih bijak dalam memilih sesuatu dalam dunia maya ini. Dan semoga semangat ngeblog kita tetap ada. "Tumbang satu tumbuh seribu, yang berbayar mati gunakan yang gratis, wordpress ngadat, ganti blogspot". Tetap menulis!, semangatlah blogger Indonesia!...

Referensi : Nyem.Or.id, maseko.com, DokterTomi.Com

19 komentar:

MQ Hidayat mengatakan...

Wah, sip infone.
Baru ngerti macem2nya pesan kesalahan akses blog (salah ya istilahku, wes pokok ngunu iku)
Web tool-nya bagus. Save on bookmark.

arifudin mengatakan...

# dayat : iya maz, saya juga baru tahu artinya setelah kena he..he..

diyan mengatakan...

www.satupesan.comKumpulan foto2 Lucu dan foto seksi and vidio--
saya dukung bloger mania, terus berkreasi

arifudin mengatakan...

# diyan : makasih ;)

Sawali Tuhusetya mengatakan...

yang sering terjadi karena penggunaan bandwith yang berlebihan atau spase hostingnya dah bener2 limit.

arifudin mengatakan...

# sawali : kadang iya juga pak he..he..

ciwir mengatakan...

durung mbaayar yo genah disuspended nda... (lmao)

suryaden mengatakan...

lha kalo sering suspend ya harus bertindak cepat untuk menghubungi technical support, tapi bisa juga karena kesalahan sendiri pas otak-atik template semisal...

Eros mengatakan...

ooo gitu ya mas
jadi engga sama tiap eros eh error ya
wah nambah ilmu nie, makasih infone

diyan mengatakan...

www.satupesan.com
dapatkan link popularity gratis, tapi site masih dalam pengembangan tapi udah lumayan bisa di pakai untuk tukar link, Situs ini lagi dikembangkan oleh para hack, dan sengaja di baklist oleh sipembuat ke google untuk manifulasi

arifudin mengatakan...

# ciwir : aku wes lunas je
# suryaden : iya juga sich pak
# eros : what?, eror=eros?
# diyan : ok

ndop mengatakan...

sumpah kang, aku kecelek terus nek pas mlebu bloge sampeyan, saiki piye kang? wis iso opo durung?

arifudin mengatakan...

# ndop : alhamdulilah kang sudah ;)

Jennifer mengatakan...

Hi,

I would recommend "HostGator" for your web hosting because it's very cheap and reliable. Their support service is awesome. This company offers site building tools, application vault, web mail, antivirus, Php, MysQL ,e-commerce and hosts unlimited websites in one plan. Don't go for free web hosting.They are not reliable. Check it out here (read the User Reviews):
http://Top50WebHosting.org

Anonim mengatakan...

Paling rese tuh hosting yang maen suspend aja. Padahal harusnya ngasih tahu dulu kalo pengen melakukan suspend.
Gak semua orang ngerti tentang script yang bisa ngeberatin server seperti saya yang masih pemula ini.
Gara2 di suspend pengnjung saya turun dratis dari 1500-an orang sehari jadi tinggal 800-an.
Tiap situs yang di suspend bisa berakibat turunnya ranking di google.
Sebelum di suspend blog saya ranking 1 di google untuk kata kunci yang lumayan ngedatengin traffik. Setelah di suspend langsung turun drastis jadi rangking 7. Benar benar kelewatan hosting yang suka maen suspend tanpa peringatan.
Harusnya mereka memberi peringatan dulu supaya pemilik blog bisa memperbaiki blognya atau menghentikan plugin2 yang memberatkan servernya.
Jadi ga ada yang di rugikan.

Dewi Setya Boma mengatakan...

bos aku punya masalah serius ne,,tolong bantu ya,,websiteku dua duanya eror 403 forbidden gtu,,klo di akases langsung bisa jalan,,tapi klo linknya di klik dari facebook dan blogger dan hasil pencarian google,maka klo di klik muncul 403 forbidden gtu,,coba ja ketik di google www.dutajutawan.com dan hasil dari penelusuran itu diklik,maka muncul eroor itu,,dan juga dari facebook..lihat di facebookku www.facebook.com/endro.prasiswo dan cari link www.dutajutawan.com dan www.omsetbersama.com pasti klo diklik akan 403 forbidden gtu,,dari blogger juga gtu,,cba liat di blogger ada linkku www.dutajutawan.com.jika diklik juga gtu di www.inspirasidewi.blogspot.com

tutorial blog mengatakan...

bos dukungannya ya www.suryapratamafx.com untuk belajar trading forex gratis

Toni mengatakan...

terima kasih atas penjelasannya, sangat membantu ni

Iwan mengatakan...

terimakasih penjelasannya saya jadi lebih tau, sebelum saya menentukan pilihan web mana yang akan saya pilih

Posting Komentar